Metode pendekatan biaya (cost method) menggunakan tingkat keuntungan yang diinginkan dengan menggunakan perhitungan biaya yang dikeluarkan oleh produsen dengan menggunakan Markup pricing dan Break even analysis.
Penjelasan:
Dalam dunia bisnis, harga jual barang dan jasa ditetapkan untuk mendapatkan keuntungan. Namun, ketika menetapkan harga, pengusaha tidak boleh melakukannya. Perhitungan yang jelas diperlukan untuk memastikan bahwa harga suatu produk atau jasa tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Ada tiga pendekatan yang dapat dilakukan perusahaan dalam menentukan harga suatu produk. Ini termasuk pendekatan penawaran dan permintaan, pendekatan e-commerce, dan pendekatan pasar.
Harga keseimbangan ditentukan dari tingkat penawaran dan permintaan yang ada. Rahasianya adalah menemukan harga yang terjangkau bagi konsumen dan harga bagi produsen. Oleh karena itu, jumlah yang dibutuhkan sama dengan jumlah yang disediakan. Metode biaya adalah menghitung biaya yang dikeluarkan oleh produsen dan menentukan harga pada tingkat keuntungan yang diinginkan. Dengan menggunakan penetapan harga markup dan analisis titik impas, pendekatan pasar adalah merumuskan harga suatu produk di pasar. Hal ini dilakukan dengan menghitung variabel yang mempengaruhi pasar dan harga. Misalnya, situasi dan situasi politik, persaingan, sosial budaya, dan lain sebagainya.
Pelajari lebih lanjut:
Pelajari lebih lanjut materi tentang pendekatan biaya, pada: https://brainly.co.id/tugas/15800828
#BelajarBersamaBrainly