1. Jelaskan pengertian data! 2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis data! 3. Jelaskan karakter data! 4. Jelaskan sumber data!

Jawaban 1

Jawaban:

1. Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.

2. Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, data dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

Data Kualitatif : merupakan data yang bukan berupa bentuk angka, contoh data kualitatif yaitu seperti kuisioner pertanyaan dalam suasana kerja dalam perusahaan.

Data Kuantitatif : merupakan data berbentuk angka, seperti data besarnya pendapatan, atau saham pada perusahaan yang berbentuk angka.

Jenis Data Berdasarkan Cara Mendapatkannya

Data berdasarkan cara mendapatkannya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

Data Primer : merupakan data yang didapatkan atau dikumpulkan melalui studi-studi sebelumnya yang diterbitkan oleh ebrbagai instansi lain. Dalam jenis ini biasanya sumbernya tidak langsung yang berupa arsip-arsip resmi.

Data Sekunder : merupakan data yang didapatkan dengan cara sendiri-sendiri atau perorangan yang secara langsung dari objek yang akan diteliti untuk kepentingan studi, biasanya berupan observasi atau interview.

Jenis Data Berdasrkan Waktu Pengumpulannya

Data berdasarkan waktu pengumpulannya dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :

Data Berkala (Time Series) merupakan data yang dikumpulkan dari waktu kewaktu. Data ini biasa digunakan untuk melihat perkembangan dari hari ke hari berikutnya.

Data Croos Section : merupakan data yang dikumpulkan pada waktu tertentu yang digunakan untuk menggambarkan keadaandan kegiatan pada waktu itu juga. Seperti penelitian yang menggunakan kusioner.

3. Karakter data adalah Karakter yang berhubungan dengan angka, symbol dan huruf. Karakter sering disebut dengan byte yaitu sebuah huruf atau angka atau karakter khusus, sebagai contoh : A,B, &, %, 2 dan lain-lain. Contoh tersebut adalah contoh karakter tunggal.

4. Sumber data dalam penelitian adalah subyek dari mana data dapatdiperoleh. Apabila peneliti menggunakan kuesioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya, maka sumber data disebut responden (= orang yang merespon atau menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti, baik pertanyaan tertulis maupun lisan).

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years