Di mana luca pacioli pertama kali mengkonsep akuntansi modern debit kredit

Jawaban 1

Jawaban:

Luca Pacioli memperkenalkan konsep awal akuntansi,yaitu bookkeeping pada bukunya yang berjudul “Review of Arithmetic, Geometry, Ratio and Proportion” pertama kali terbit.

Penjelasan:

mengenai asal mula sistem pencatatan akuntansi (bookkeeping) dan prinsip debit kredit yang diperkenalkan oleh Luca Pacioli.Pacioli disebut sebagai Bapak Akuntansi karena jasanya memperkenalkan konsep awal akuntansi, yaitu bookkeeping pada tahun 1494 pada saat bukunya yang berjudul “Review of Arithmetic, Geometry, Ratio and Proportion” pertama kali terbit.

Di dalam bukunya, Pacioli mengajarkan tentang cikal bakal dari sistem pencatatan berpasangan atau double-entry system yang sampai saat ini masih dipelajari dalam ilmu akuntansi, yaitu bookkeeping. Selain itu Pacioli juga mengajarkan tentang sistem debit dan kredit, dimana jumlah/nominal debit yang dicatat di sebelah kiri harus sama jumlah/nominalnya dengan yang dicatat di sebelah kredit/kanan. Apabila jumlah pada sisi debit/kiri sudah sama dengan jumlah pada sisi kredit/kanan, sebuah buku besar baru bisa dikatakan seimbang atau balance.

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years