1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan modifikasi makanan! 2. Berikan contoh makanan hewani dan nabati! 3. Jelaskan tujuan modifikasi makanan hewani dan nabati! 4. Berikan contoh makanan yang dimodifikasi! 5. Sebutkan jenis makanan yang dapat dimodifiksi!

Jawaban 1

  1. Modifikasi makanan ialah cara untuk mengubah bentuk dan rasa makanan khas suatu daerah tanpa menghilangkan bentuk dan rasa aslinya.
  2. Contoh makanan hewani ialah sate, telur dadar, soto makasar, dan lainnya, sedangkan contoh makanan nabati ialah gudeg, sayur asem, salad, dan lainnya.
  3. Tujuan modifkasi makanan ialah untuk membangkitkan selera makan penikmat makanan dengan  membuat makanan tersebut lebih menarik dilihat dan dicicipi.
  4. Contoh modifikasi makanan ialah Lumpia semarang, dibuat menjadi super hot lumpia, disini lumpia semarang yang rasa aslinya tidak begitu pedas menjadi dibuat lebih pedas dari biasanya tanpa mengubah bentuk lumpia dan cita rasa lumpia itu sendiri selain hanya menambahkan rasa yang lebih pedas dari biasanya.
  5. Semua makanan pada dasarnya dapat di modifikasi, sepanjang tidak menghilangkan rasa dan bentuk khas daerah makanan tersebut. Misalkan Lumpia Semarang yang dibuat jadi Super Hot Lumpia, Bakso Surabaya menjadi Bakso Jumbo, Nasi Goreng menjadi Nasi Goreng Pete, dan lainnya.

Pembahasan:

  1. Modifikasi makanan merupakan suatu cara untuk mengubah bentuk dan rasa makanan khas suatu daerah dengan tidak menghilangkan bentuk dan rasa asli ciri khas makanan tersebut. dalam hal ini modofikasi diperlukan agar penikmat kuliner menjadi lebih tertarik untuk menikmati makanan tersebut.
  2. Makanan Hewani ialah makan yang berasal dari hewan, dalam hal ini bisa berupa telur, daging hewan, kulit hewan, tulang, dan organ tubuh hewan lainnya. Makanan Nabati ialah makan yang berasal dari tumbuhan, dalam hal ini bisa berupa buah, akar/ombi, daun, batang, dan lainnya.
  3. Contoh makanan yang dimodifikasi ialah Lumpia Semarang yang dibuat jadi Super Hot Lumpia, Bakso Surabaya menjadi Bakso Jumbo, Nasi Goreng menjadi Nasi Goreng Pete, dan lainnya.
  4. Modifikasi makanan bertujuan untuk membangkitkan selera makan bagi penikmat kuliner terhadap suatu makanan dengan tidak mengubah cita rasa aslinya dari makanan tersebut.
  5. Dalam dunia kuliner, pada dasarnya semua jenis makanan dapat dimodifikasi, sepanjang tidak menghilangkan bentuk dan rasa asli dari makanan tersebut.  

Pelajari lebih lanjut :

  • Materi tentang pengertian usaha kuliner pada link https://brainly.co.id/tugas/2133689
  • Materi tentang bisnis kuliner pada link https://brainly.co.id/tugas/43686463
  • Materi tentang selera estetika dan daa beli pada link https://brainly.co.id/tugas/43122592

Detail Jawaban :

Kelas : 10

Mapel : Wirausaha

Bab : -

Kode : 10.23

#AyoBelajar           #SPJ2

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years