Perhatikan pernyataan berikut !(1) Rencana Pesaing dan Pengembangan(2) Rencana Operasional dan manajeman(3) Pembiayaan dan kesimpulan usaha(4) Ulasan Deskripsi Usaha(5) Strategi Pemasaran dan Analisa PesaingBerdasarkan pernyataan di atas, maka tahapan perencanaan usaha yang tepat adalah

Jawaban 1

Nomor yang menunjukkan tahapan perencanaan usaha yang tepat adalah 4 - 5 - 1 - 2 - 3.

Pembahasan

Usaha ekonomi adalah suatu badan atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang manusia untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dengan cara menjual barang atau jasa yang diciptakannya kepada para konsumen. Untuk bisa menjalankan suatu usaha ekonomi ini, seseorang harus mengorbankan biaya, waktu, tenaga, dll. sehingga kita harus merencanakan usaha ekonomi terlebih dahulu sehingga pengorbanan yang kita lakukan tidak sia-sia.

Berikut adalah tahapan dari perencanaan usaha:

  • Ulasan deskripsi bisnis: tahapan yang dilakukan dengan menjelaskan barang atau jasa apa yang akan kita jual pada usaha ekonomi kita.
  • Strategi pemasaran dan analisa pesaing: tahapan yang dilakukan dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen. Pada tahap ini, kita juga bisa melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kondisi usaha kita dan usaha pesaing.
  • Rencana pesaing dan pengembangan: tahapan yang dilakukan dengan mencari tahu kelemahan dan juga kekuatan dari perusahaan pesaing. Tahapan ini juga dilakukan dengan merencanakan alur produksi pada produk yang akan kita buat.
  • Rencana operasional dan manajemen: tahapan yag dilakukan dengan membagi divisi dan tanggung jawab pada perusahaan sehingga kita bisa mengetahui prospek masa depan dari usaha ekonomi kita.
  • Pembiayaan dan kesimpulan: tahapan terakhir yang dilakukan dengan menghitung modal yang diperlukan dan juga mencari tahu sumber yang bisa digunakan untuk mendapatkan modal tersebut.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang manfaat kegiatan wirausaha

https://brainly.co.id/tugas/9660290

Materi tentang fungsi manajemen 

https://brainly.co.id/tugas/7491672

Materi tentang konsep 10D dalam wirausaha

https://brainly.co.id/tugas/8071155

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Wirausaha

Bab: -

Kode: 9.23

#AyoBelajar 

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years