1. Stres kerja karyawan merupakan salah satu masalah yang perlu diperhatikan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki perusahaan, sehingga perlu diketahui faktor-faktor penting yang menjadi penyebab stres kerja karyawan dan gejala-gejala stres yang dialami karyawan. Faktor penyebab stres kerja diantaranya yang mencakup tuntutan tugas, tuntutan peran, tuntutan hubungan antarpribadi, struktur organisasi, kepemimpinan organisasi, dan tahap hidup organisasi. Gejala stres merupakan hasil/keluaran dari stres yang dialami seseorang. Gejala stres kerja karyawan mencakup gejala fisiologis, psikologis, dan perilaku. Selama ini Perusahaan X sudah mengupayakan penanggulangan stres kerja yang dialami oleh karyawannya, diantaranya meningkatkan kesejahteraan karyawan yang tidak hanya terpusat pada kesejahteraan finansial, tetapi juga kesejahteraan nonfinansial. Manajemen dapat membantu karyawan dalam menanggulangi stres kerja yang dialami dengan memberikan tantangan kerja yang proporsional kepada karyawan, meningkatkan perhatian pada kehidupan beragama karyawan, membantu karyawan untuk menjalani hidup yang lebih sehat, mengembangkan program rekreasi bersama guna memulihkan kondisi fisik dan mental karyawan yang kemungkinan menurun akibat pekerjaan. Selain itu, manajemen hendaknya tidak hanya mempertimbangkan beban kerja, kompetensi, evaluasi jabatan, dan sistem grading dalam menentukan imbal jasa kepada karyawan, kebutuhan karyawan ditengah tuntutan hidup yang semakin meningkat sebaiknya dipertimbangkan, namun manajemen tetap memerhatikan kesinambungan kinerja perusahaan. Dari kasus ini, menurut Saudara : 1) Jenis Stressor yang terjadi pada perusahaan tersebut adalah...... jelaskan? 2) Sebutkan dimensi-dimensi organisasi yang menimbulkan stres? 3) Jelaskan stressor di perusahaan Anda, kemudian jelaskan cara-cara mengatasi stres yang dilakukan oleh pimpinan di perusahaan tempat Anda bekerja. Cantumkan nama perusahaan dan bidang perkejaannya. Jika Saudara belum bekerja, buatlah sebuah ilustrasi disuatu perusahaan.

Jawaban 1

Jawaban:

  1. Jenis stressor yang terjadi pada perusahaan tersebut adalah mencakup tuntutan tugas yang terlalu banyak dan tidak proporsional maupun deadline yang sangat singkat, tuntutan peran dalam pekerjaan seperti jabatan tertentu menanggung tanggung jawab dan beban yang terlalu besar sehingga menimbulkan burnt out, tuntutan hubungan  antarpribadi yang pada dasarnya tidak cocok namun karena tuntutan pekerjaan harus dilakukan.
  2. Dimensi-dimensi organisasi yang menimbulkan stres meliputi struktur organisasi, kepemimpinan organisasi, dan tahap hidup organisasi.
  3. Berikut ilustrasi di sebuah perusahaan X dimana pihak manajemen menyediakan ruang berdoa sebagai bentuk perhatian terhadap kehidupan beragama karyawan, menyediakan program training untuk mengembangkan kompetensi dan skill karyawan serta acara rekreasional per periode untuk melepas penat sekaligus menguatkan kekompakan antar karyawan.

Penjelasan:

Stres kerja adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami ketegangan yang mempengaruhi ketidakseimbangan psikis dan fisik seseorang.

Kategori penyebab stres kerja:

  • Faktor lingkungan
  • Faktor perusahaan
  • Faktor pribadi

Akibat yang ditimbulkan dari stres kerja:

  • Subjektif: ketakutan, agresi, depresi, keletihan, frustrasi dan kesepian
  • Perilaku: kecanduan alkohol, penyalahgunaan obat, serta perilaku impulsif
  • Kognitif: daya konsentrasi rendah, sensitif dan hambatan mental.
  • Fisiologis: denyut jantung dan tekanan darah meningkat, berkeringat, panas, dan dingin.  
  • Organisasi: omset dan produktivitas rendah, komitmen organisasi dan loyalitas berkurang

Materi tentang stres kerja dapat disimak pada link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/30131793

#BelajarBersamaBrainly

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years