Jawaban dan Pembahasan:
Berikut adalah ciri ciri pemasaran konvensional dan pemasaran sosial media berdasarkan 10 aspek.
Ciri ciri pemasaran konvensional
1. Target Konsumen
Sangat mudah menjangkau audiens/konsumen lokal dengan metode pemasaran konvensional
2. Pendekatan Pemasaran
Pemasaran konvensional lebih merupakan pendekatan pribadi karena sngat mudah bagi pemasar untuk memiliki hubungan orang ke orang dalam menginformasikan kepada publik atau mempromosikan nama merk mereka
3. Dokumentasi
Metode Pemasaran konvensional menyediakan salinan cetak dari produk/layanan yang dapat dibaca berulang kali
4. Interaksi Konsumen
Sangat sedikit interaksi yang terlibat dalam pemasaran konvensional karena media promosi tidak cukup fleksibel untuk menggabungkan interaksi pelanggan
5. Biaya Pemasaran
Pemasaran Konvensional mahal karena melibatkan percetakan, iklan radio/tv yang harganya lebih mahal bagi perusahaan
6. Analisa Pemasaran
analisis hasil kompleks karena perusahaan perlu mengandalkan survei dan temuan pasar
7. Hasil Real Time
Perusahaan harus menunggu berminggu minggu atau berbulan bulan untuk mendapatkan hasilnya
8. Gangguan
Konsumen tidak dapat memilih untuk melewati iklan atau hal hal lain yang menyebabkan gangguan
9. Penyempurnaan Strategi
Karena tidak real time, penyusunan strategi butuh waktu karena bergantung hasil pemasaran
10.Komunikasi
melibatkan komunikasi satu arah karena media pemasaran cukup kaku
B. Ciri ciri pemasaran sosial media
1. Target Konsumen
Memungkinkan menjangkau konsumen yang ditargetkkan secara global dari seluruh dunia
2. Pendekatan Pemasaran
kehadiran fisik si pemasar bukan prasyarat utama
3. Dokumentasi
Deskripsi dalam bentuk softcopy seperti gambar, video, yang diletakkan di website dan dapat diakses calon konsumen kapan saja dan dimana saja.
4. Interaksi Konsumen
umumnya menyediakan platform digital untuk mendapatkan feedback informasi dari pelanggannya
5. Biaya Pemasaran
Lebih murah karena semuanya online.
6. Analisa Pemasaran
standar datanya online, lebih mudah dianalis dan lebih cepat diketahui hasilnya
7. Hasil Real Time
hasil pemasaran sangat cepat dan real-time
8. Gangguan
konsumen lebih leluasa memilih iklan yang diinginkan dan melewatkan iklan yang dianggap mengganggu.
9. Penyempurnaan Strategi
Karena bersifat real time, pengelolaan strategi jadi lebih mudah
10.Komunikasi
Menggunakan komunikasi dua arah, sehingga konsumen merasa lebih didengarkan dan dilayani.
Lebih lanjut tentang pemasaran: https://brainly.co.id/tugas/7531672
#BelajarBersamaBrainly
Penulis:
bram3tkc
Nilai jawaban:
9