Belasan anak-anak usia belasan tahun, dan beberapa orang dewasa, tampak sibuk memasak dan membungkus nasi. Mereka tampak semangat dan sesekali sambil melontarkan candaan menghangatkan cuaca yang kian dingin. Nasi bungkus ini akan dibagikan selepas Subuh untuk sarapan pagi para korban banjir di beberapa titik. Relawan berusia belasan tahun itu merupakan siswa yang menimba ilmu di Sanggar Anak Akar. Mereka bergerak atas nama kemanusiaan, membantu korban banjir yang melanda Jakarta. Para relawan dari Sanggar ini mendirikan dapur umum untuk makan pagi,siang, dan malam bagi korban banjir. Mereka juga menggalang dukungan; relawan, dan kebutuhan konsumsi, obatobatan ringan, pakaian, peralatan mandi, peralatan kebersihan.Sumbangan yang terkumpul kemudian dibagikan ke korban banjir. Bantuan juga diberikan selepas banjir surut, yakni ikut gotong royong kerja bakti di lokasi, dan pelayanan kesehatan.idak semua korban banjir dipasok makanan dalam bentuk nasi bungkus. Di lokasi - lokasi banjir yang warganya telah bisa memasak, relawan Sanggar Anak Akar hanya menyalurkan bahan baku untuk diolah di lokasi. Berdasarkan wacana di atas, Apa pendidikan yang secara tidak langsung diajarkan oleh anggota sanggar akar?Analisislah hubungan antara tindakan anggota sanggar akar dengan kegiatan pendidikan!

  • drugie-predmety

    Bidang studi:

    SBMPTN
  • Penulis:

    erick
  • Dibuat:

    1 tahun lalu

Jawaban 1

Jawaban

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh relawan dari Sanggar Anak Akar tersebut memiliki relasi dengan pendidikan PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Dalam PPKn terkandung berbagai pelajaran mengenai gotong royong, mengamalkan nilai-nilai kemanusiaan, hingga hubungan yang baik antar warga negara, yang sesuai dengan Pancasila.

Pembahasan

Relawan Sanggar Anak Akar mengamalkan sila-sila Pancasila misalnya Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, yang diwujudkan daam bergotong royong membantu korban bencana banjir antara lain mendirikan dapur umum, memberi bantuan bahan makanan, hingga memberi pelayanan kesehatan.

Selain gotong royong mereka juga mengamalkan sikap tenggang rasa, serta rela berkorban, yaitu rela mengorbankan waktu dan tenaganya demi membantu korban banjir dengan sepenuh hati.

Materi lebih lanjut mengenai Pengamalan sila kedua Pancasila dapat disimak pada link berikut: https://brainly.co.id/tugas/32182302

#BelajarBersamaBrainly

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years