Sistem presensi di kantor Anda adalah manual. Teman Anda meminta tolong untuk menutupi kecurangannya tidak hadir kerja sehari. Sikap Anda ....
A. Membiarkannya karena dia adalah kawan karib Anda.
B. Mengingatkan dan menegur.
C. Melapor kepada atasan.
D. Membantunya untuk curang.
E. Berpikir bahwa sesekali bolos kerja tidak apa-apa.
Anda berada di taman kota. Saat itu Anda ingin membuang sampah botol minuman. Namun, ternyata tidak ada tempat sampah di tempat tersebut. Apa yang Anda lakukan?
A. Buang saja, toh tidak ada tempat sampah, jadi bukan salah Anda.
B. Terpaksa Anda buang di belakang pohon atau semak belukar.
C. Anda kantongi dulu untuk kemudian Anda buang ketika menemukan bak sampah.
D. Anda suruh tukang taman untuk membuangnya.
E. Anda suruh anak kecil untuk membuangnya.
Bagi Anda, kegagalan adalah ....
A. Isyarat tegas bahwa kita harus berhenti.
B. Justru meningkatkan ketangguhan Anda untuk mencoba lagi dengan lebih baik.
C. Sering menjatuhkan mental Anda.
D. Anda upayakan untuk tidak mengurangi semangat Anda.
E. Mungkin ada unsur kekeliruan dari anggota tim Anda.
Anda dinobatkan sebagai pegawai teladan, reaksi Anda ....
A. Berpura-pura seolah tidak terjadi apa-apa.
B. Merasa bangga dan terpuji dengan sebutan tersebut.
C. Berterimakasih dan terus melanjutkan kinerja yang diinginkan.
D. Memberitahu rekan, kawan, relasi kerja.
E. Merasa belun pantas dengan hal itu.
Seorang karyawan mengatur 6 ruang kerja untuk 6 staf dengan urutan nomor ruang 1 sampai 6 dengan aturan sebagai berikut:
- Bu Rati sering bercakap-cakap, yang suaranya terdengar keras di ruang sebelahnya.
- Pak Mara dan Pak Bono ingin berdekatan agar dapat berkoordinasi.
- Bu Heni meminta ruang nomor 5 yang berjendela lebar.
- Pak Dedi tidak suka pekerjaannya terganggu oleh suara-suara.
- Pak Tasman, Pak Mara, dan Pak Dedi adalah perokok.
- Bu Heni alergi dengan asap rokok.
Ruang kerja yang paling cocok untuk Pak Mara adalah ruang nomor....
A. 2
B. 6
C. 1
D. 3
E. 4