carilah gambar dari berbagai sumber yang menunjukkan perbandingan 2 karakteristik wilayah yang berbeda, kemudian tuliskan perbandingan karateristiknya​

Jawaban 1

Jawaban:

Mapel: IPS Kelas: 6 SDMateri: Wilayah Karakteristik

Pernyataan:

Soal Essay:
  1. carilah gambar dari berbagai sumber yang menunjukkan perbandingan 2 karakteristik wilayah yang berbeda, kemudian tuliskan perbandingan karateristiknya

Jawaban: Gambar 1:
  • Pegunungan

1. Pegunungan
  • Pegunungan merupakan sebuah dataran yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya, yang berketinggian antara 800 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Pegunungan sendiri merupakan rangkaian dari beberapa gunung. Gunung-gunung yang membentuk pegunungan panjangnya dapat mencapai ribuan kilometer dan terbentuk dalam waktu jutaan tahun lamanya.

Contoh:
  • pegunungan di Indonesia antara lain adalah Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari utara ke selatan Pulau Sumatra, Pegunungan Kapur Utara yang membentang di pesisir utara Pulau Jawa, tepatnya di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Pegunungan Menoreh yang menjadi batas alami antara Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah.

Gambar 2:
  • Dataran Tinggi
2. Dataran Tinggi
  • Dataran tinggi berbeda dengan pegunungan. Dataran tinggi adalah dataran luas yang letaknya di daerah pegunungan yang terbentuk karena hasil erosi dan sedimentasi yang terjadi selama ratusan tahun lamanya.

Contoh:
  • Di Indonesia sendiri, tersebar beberapa dataran tinggi, yaitu di Pulau Sumatra bagian barat, Pulau Jawa bagian selatan, sebagian besar Pulau Sulawesi, hingga Pulau Papua bagian utara. Contoh pegunungan tinggi di Indonesia adalah Dataran Tinggi Atlas di Aceh, Dataran Tinggi Barul di Sulawesi Tengah, Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah.

Penjelasan:

Gambar 1 Pegunungan Penjelasan:

  • Di Indonesia sendiri, terdapat banyak pegunungan yang membentang mulai dari Sumatra, Jawa, Sulawesi, hingga Papua. Pegunungan-pegunungan yang ada ini membentuk suatu ekosistem yang penting bagi makhluk hidup dan juga berkontribusi besar bagi potensi wilayah Indonesia.

Gambar 2 Daratan Tinggi Penjelasan:

  • Dataran tinggi juga bisa terbentuk dari bekas kaldera yang tertimbun material dari lereng gunung di sekitarnya. Sebuah area bisa disebut dataran tinggi kalau punya ketinggian minimal 700 meter dari permukaan laut.

______________________________________

#Answer By: Kak Siti#Backtoschool

#Semoga Membantu Kak#Follow Instagram: kaksitiaja
answer img
answer img

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years