Pengelompokan wilayah dengan menggunakan metode klasifikasi bertujua untuk…. *​

Jawaban 1

Jawaban:

Pengelompokan wilayah dengan menggunakan metode klasifikasi bertujuan untuk menentukan suatu wilayah berdasarkan kriteria kuantitas ataupun kualias dengan menggabungkan atau menggolongkan beberapa wilayah.

Penjelasan:

Dalam penentuan suatu wilayah berdasarkan kriteria kuantitas dan kualitas dengan menggabungkan atau menggolongkan beberapa wilayah. Perwilayahan juga terbagi menjadi wilayah fungsional dan formal. Pewilayahan formal bisa ditentukan dari batas-batas di permukaan bumi dengan tujuan-tujuan tertentu berdasarkan beberapa kriteria atau ketentuan seperti administrasi, sosial, fisik, dan ekonomi. Sementara perwilayahan fungsional didasarkan dari hubungan titik-titik pertumbuhan di suatu wilayah dengan pusat pertumbuhan. Dalam metode klasifikasi wilayah terdapat dua bagian yaitu generalisasi dan delmitasi wilayah.

Generalisasi wilayah (region generalization) adalah penggolongan beberapa wilayah ke dalam satu bagian wilayah melalui cara menghapuskan faktor-faktor tertentu yang dirasa kurang penting. Indonesia dikenal sebagai wilayah yang memiliki iklim tropis namun sebenarnya sebagian kecil wilayah indonesia ada juga beriklim muson tropis dan sabana sehingga lebih kering. Faktor iklim muson dan sabana itu dihapuskan agar menonjolkan iklim tropis yang lebih dominan di indonesia atau digeneralisasi kan menjadi indonesia yang memiliki iklim tropis.

Suatu usaha atau proses dalam membagi permukaan bumi atau bagian dari permukaan bumi tertentu menjadi beberapa bagian wilayah. Generalisasi dilaksanakan dengan cara menghilangkan atau menghapuskan faktor-faktor tertentu yang dirasa kurang penting atau tak relevan. Penghilangan atau pengubahan itu bertujuan agar menojolkan karakter-karakter tertentu.

Selanjutnya adalah, delimitasi adalah metode atau cara dalam menenentukan batas terluar dari suatu wilayah, yang digunakan dalam tujuan tertentu. Generalisasi ialah suatu penyemarataan yakni dengan membagi-bagi permukaan bumi menjadi beberapa bagian dengan menghapuskan beberapa faktor yang dirasa kurang penting. Itulah beberapa penjelasan singkat terkait klasifikasi wilayah yang berhubungan dengan konsep geografi. Wilayah atau kewilayahan dirasa penting dalam kajian geografi sebab konsep tersebut bisa dimanfaatkan dalam beragam kepentingan seperti perencanaan wilayah dan pemanfaatan lahan. Untuk lebih jelasnya bisa kunjungi link yang ada di bawah sebagai tambahan referensi terkait wilayah dan kewilayahan.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Penjelasan materi tentang Wilayah: https://brainly.co.id/tugas/3653003
  2. Penjelasan materi tentang Kewilayahan: brainly.co.id/tugas/11296509

#BelajarBersamaBrainly

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years