berikan contoh alat pemuas kebutuhan dilihat dari segi cara penggunaanya​

Jawaban 1

Dari segi penggunaannya, contoh dari alat pemuas kebutuhan adalah:

  • Barang konsumsi: jenis alat pemuas kebutuhan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan seseorang. Contoh dari barang konsumsi adalah kue.
  • Barang produksi: jenis alat pemuas kebutuhan yang akan menjadi bahan baku dalam kegiatan industri sehingga akan digunakan untuk menciptakan barang lain. Contoh dari barang produksi adalah tepung yang menjadi bahan baku dari kue.

Pembahasan

Alat pemuas kebutuhan adalah segala hal yang bisa digunakan oleh seorang manusia untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan yang ada di dalam hidupnya. Alat pemuas kebutuhan menjadi penting karena tidak adanya alat pemuas kebutuhan di suatu wilayah bisa menciptakan masalah ekonomi, yaitu kelangkaan. Kelangkaan ini akan terjadi ketika kebutuhan manusia yang begitu beragam dan tidak terbatas tidak bisa dipenuhi oleh alat pemuas kebutuhan yang ada di wilayah tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis dari alat pemuas kebutuhan:

  • Barang bebas: jenis alat pemuas kebutuhan yang tersedia dalam jumlah luar biasa banyak sehingga tidak memerlukan pengorbanan ekonomi untuk bisa mendapatkan barang tersebut, seperti sinar matahari.
  • Barang ekonomi: jenis alat pemuas kebutuhan yang memerlukan pengorbanan ekonomi, seperti biaya untuk bisa mendapatkan barang tersebut, seperti mobi.
  • Barang jadi: jenis alat pemuas kebutuhan yang sudah melewati seluruh proses produksi sehingga sudah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan seseorang.

Pelajari lebih lanjut
  1. Materi tentang jenis alat pemuas kebutuhan https://brainly.co.id/tugas/6821689
  2. Materi tentang contoh kelangkaan https://brainly.co.id/tugas/20973457
  3. Materi tentang faktor terjadinya kelangkaan https://brainly.co.id/tugas/3633639

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: 5 - Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Kode: 7.10.5

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3 

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years