Buatlah analisis dari permasalahan tersebut dengan menguraikan langkah-langkah yang akan dilakukan pak adrian pada masa pandemi

question img

Jawaban 1

Analisis dari permasalahan di atas, dengan mengurainkan langkah-langkah yang bisa dilakukan Pak Adrian:

Masalah sosial.

  • What: jasa titip jual dan beli. Jasa ini menyediakan pelayanan untuk membelikan keinginan konsumen terhadap produk-produk UMKM.
  • How: Pak Adrian menyediakan whatsapp business atau membuat aplikasi sederhana yang menyediakan daftar UMKM dan produk yang bisa dibeli oleh konsumen. Kemudian Pak Adrian dan kerabat dekat bisa sebagai orang yang membelanjakan pesanan tersebut.
  • For whom: untuk ibu rumah tangga yang aktivitasnya dibatasai karena ada pembatasan sosial. Sehingga mereka tetap bisa masak di rumah, dengan membeli bahan murah dari pasar.

Masalah ketidakpastian atau investasi menurun.

  • What: menjadi distributor alat kesehatan seperti masker kesehatan, vitamin, alat pengukur oksigen dan jasa swab.
  • How: menjadikan rumah sebagai kantor, dan seluruh penjualan dilakukan dengan pengiriman langsung ke rumah-rumah konsumen.
  • For whom: umum dan pelaku perjalanan dinas. Sebab semua orang membutuhkan alat-alat tersebut, terutama untuk jasa swab sangat dibutuhkan untuk orang yang masih harus bekerja antar kota.

Masalah kelemahan ekonomi global.

  • What: menjual kebutuhan pokok dengan harga yang murah namun kualitas yang baik. Saat ekonomi melemah maka orang akan beralih ke kebutuhan pokok dan menyampingkan kebutuhan sekunder.
  • How: membuka warung di rumah.
  • For whom: ibu rumah tangga sekitar rumah.
Pembahasan

Masalah ekonomi modern menekankan pada tiga hal yaitu:

  • Barang dan jasa apa yang harus diproduksi (What?). Masalah ini menekankan barang atau jasa apa yang cocok diproduksi berdasarkan keinginan manusia. Termasuk juga inovasi apa yang diperlukan, barang apa yang mengundang rasa penasaran, barang atau jasa apa saja yang mempermudah kehidupan manusia dan barang atau jasa apa yang bisa memberi rasa prestise pada manusia.
  • Bagaimana cara memproduksinya (How?). Permasalahan ini membahas bagaimana proses produksi yang sesuai, efektif dan efisien. Tujuannya harga pokok produksi menjadi murah dan harga jual tidak terlalu tinggi.
  • Untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi (For whom?). Permasalahan ini menekankan mengidentifikasi konsumen supaya penyaluran barang dan jasa tepat sasaran.
Pelajari lebih lanjut
  1. Materi tentang penyebab utama adanya masalah ekonomi https://brainly.co.id/tugas/1478812
  2. Materi tentang masalah ekonomi di daerah perkotaan https://brainly.co.id/tugas/27289678
  3. Materi tentang kelangkaan menjadi masalah ekonomi https://brainly.co.id/tugas/6790741
Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode: 10.12.1

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years