Meningkatkan hubungan dengan konsumen termasuk salah satu dari manfaat e-commerce untuk perusahaan. Dikarenakan keterlibatan suatu teknologi dalam hal ini membuat perusahaan mengerti keinginan dari konsumen tersebut dan membuat perusahaan meningkatkan kualitasnya menjadi lebih baik lagi.
Pembahasan:
Electronic commerce atau e-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik atau online dan lebih sering melalui internet. Contoh e-commerce seperti Kaskus.co.id dan Tokopedia.com. Dalam perananya e-comerce memiliki manfaat baik bagi perusahaan, konsumen maupun masyarakat.
Ada beberapa manfaat e-comerce bagi perusahaan, yaitu:
- Jangkauan global
- Penambahan jam buka : 24 jam/7 hari/365tahun
- Pengurangan biaya operasional
- Kustomisasi dan personalisasi
- Inovasi model bisnis
- Kecepatan time to market
- Rantai pasokan dinamis
- Biaya komunikasi / koordinasi lebih rendah
- Efisien pengadaan
- Meningkatkan hubungan dengan konsumen
- Tidak harus membayar pajak atau biaya usaha fisik
Sedangkan manfaat E-Commerce bagi konsumen, yaitu:
- “Dimana Saja – Kapan Saja”
- Lebih banyak pilihan produk dan jasa
- Harga lebih murah
- Pengiriman atau penyampaian segera
- Ketersediaan informasi
- Kesempatan berpartisipasi
- Wahana komunitas elektronik
- Personalisasi atau sesuai selera
- Tidak dikenai pajak
Ada beberapa manfaat E-Commerce bagi masyarakat, yaitu:
- Memungkinkan telecommuting
- Peningkatan kualitas hidup
- Dapat menolong masyarakat yang kurang mampu
- Kemudahan mendapatkan layanan umum
Pelajari lebih lanjut
Pelajari lebih lanjut materi tentang yang dimaksud e-commerce dan apa manfaatnya https://brainly.co.id/tugas/5267850
#BelajarBersamaBrainly #SPJ4