1. Perencanaan produk kreatif ialah perencanaan dalam pembuatan produk yang bersifat baru sehingga tidak sama dengan produk-produk yang telah ada.
2. Manfat merencanakan produk kreatif sejak awal yaitu memudahkan dalam proses pembuatan produk dan produk yang dihasilkan dapat bernilai tinggi.
3. Langkah-langkah dalam perencanaan produk kreatif meliputi perencanaan bahan, waktu pengerjaan, kreativitas, ide, dan barang apa yang dipakai, dan lain sebagainya.
PembahasanSebelum melakukan kegiatan atau proses produksi, maka seorang pengusaha terlebih dahulu harus membuat rencana produk dan rencana produksinya. Hal ini berkaitan dengan pertanyaan mendasar yang harus dijawab, yaitu barang apa yang akan diproduksi, bagaimana cara memproduksinya, dan berapa banyak yang akan diproduksi. Kegiatan perencanaan produk pada dasarnya mempunyai sifat yang lebih luas dibandingkan perencanaan produksi. Menurut Ulrich (2001) perencanaan produk adalah proses periodik yang mempertimbangkan portofolio dari proyek pengembangan produk untuk dijalankan. Rencana produk mengidentifikasikan portofolio produk-produk yang dikembangkan oleh organisasi dan waktu pengenalannya ke pasar.
Proses perencanaan mempertimbangkan peluang-peluang pengembangan produk. Peluang-peluang itu diidentifikasi oleh banyak sumber, mencakup usulan bagian pemasaran, penelitian, pelanggan, tim pengembangan produk, dan analisis keunggulan para pesaing. Rencana produk secara teratur diperbaharui agar mencerminkan adanya perubahan dalam lingkungan persaingan, teknologi dan informasi keberhasilan produk yang sudah ada. Rencana produk dikembangkan dengan memprediksi sasaran perusahaan, kemampuan, batasan dan lingkungan persaingan.
Pelajari lebih lanjutbrainly.co.id/tugas/24476697
brainly.co.id/tugas/24476697
https://brainly.co.id/tugas/30682153
Detail jawabanKelas: 11
Mapel: Wirausaha
Bab: -
Kode: 11.23
#AyoBelajar #SPJ2
Penulis:
heribertomatthews
Nilai jawaban:
10