Salah satu tugas guru bagi anak berkebutuhan khusus adalah menyusun rencana intervensi yang sesuai dengan kebutuhan khusus anak. Hasil asesmen menunjukkan seorang siswa berkesulitan membaca di kelas 1 SD. Siswa tersebut mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, terutama huruf yang bentuknya mirip (misal : b, p, d – n, u, m, w, dan sebagainya), huruf-huruf yang jarang muncul (misal: w, x, q, z), dan huruf konsonan rangkap (ng, ny, atau pola kata kvkkv lainnya). Teknik Gillingham dan Stillman akan diterapkan untuk intervensi kesulitan membaca untuk siswa tersebut. a. Jelaskan prinsip teknik Gillingham dan Stillman b. Susunlah prosedur dari teknik Gillingham dan Stillman untuk intervensi kesulitan membaca berdasarkan kasus tersebut​

Jawaban 1

Jawaban:

Prinsip dari teknik GIllingham dan Stillman adalah mempelajari setiap huruf menggunakan multisensoris, bisa dengan membaca, menggunakan kartu atau bernyanyi.

Dalam proses pembelajaran  teknik GIllingham dan Stillman terdapat beberapa tingkatan prosedur dalam melatih secara multisensoris, yaitu:

  • Tingkat satu
  • Tingkat dua
  • Tingkat tiga
  • Tingkat empat

Penjelasan:

Teknik Gillingham dan Stillman adalah suatu metode yang berorientasi pada kaitan antara bunyi dan huruf, yang mana setiap huruf dipelajari secara multisensoris. Metode ini melibatkan kerja beberapa indera secara bersamaan, diantaranya visual (penglihatan), auditory (pendengaran), kinesthetic (gerakan) dan tactile (perabaan) atau bisa disingkat dengan VART. Dapat diterapkan dengan menggunakan kartu kata bergambar sebagai media untuk membantu penerapan teknik. Gambaran singkat pelaksanaan program belajar multisensoris terbagi menjadi empat tingkatan sebagai, yaitu:

  • Tingkat Satu

        Anak akan memilih huruf yang dimau dan dibimbing untuk menelusuri huruf dengan merabanya, setelah itu anak akan dituntun untuk menulis huruf yang sebelumnya telah dipegang.

  • Tingkat Dua

        Anak dituntun untuk mempelajari kata dengan melihat, melafalkan, dan juga menulis sambil menyuarakannya.

  • Tingkat Tiga

       Guru akan membaca buku, anak akan mendengarkan dan memahami cerita tersebut. Apabila ada kata yang sulit dipahami anak dapat bertanya dan berdiskusi dengan guru.

  • Tingkat empat

        Anak mampu mengeneralisasikan dan menemukan kata-kata baru dengan sendirinya. Pada tingkat ini anak secara mandiri dapat membaca dan tugas guru adalah mengevaluasi keterampilan membacanya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang  Teknik Gillingham dan Stillman pada

brainly.co.id/tugas/42096350

#BelajarBersamaBrainly

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years