1. bagaimanakah senirupa dapat memiliki fungsi komunikasi?2. bagaimana membedakan unsur-unsur Senirupa antara 2 dimensi dan 3dimensi?3. karya senirupa 2 dimensi dikategorikan berdasarkan mediumnya, jelaskan?4. jelaskan yang dimaksud seni kriya dengan seni desain?5. sebutkan teknik-teknik yang terdapat dalam seni rupa 2 dimensi?6. jelaskan pengertian simbol dalam karya seni rupa 3 dimensi dan berikan contohnya?7. jelasakan yang dimaksud dengan seni lukis dengan seni patung?8. sebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan seni rupa 3dimensi?9. jelaskan pengertian tema dan fungsi dalam senirupa 3dimensi dan berikan contohnya?10. jelaskan yang dimaksud dengan seni exterior dan seni eksterior?​

  • drugie-predmety

    Bidang studi:

    Seni
  • Penulis:

    omar
  • Dibuat:

    1 tahun lalu

Jawaban 1

1. Seni rupa dapat memiliki fungsi komunikasi maksudnya yaitu didalam setiap seni memiliki maksud tertentu / ada pesan tertentu (biasanya berisi nasehat) yang disampaikan oleh pembuat seni kepada penikmat seni.

2. Seni Rupa dua dimensi – merupakan karya seni yang memiliki dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Seni rupa dua dimensi hanya mampu dinikmati dari arah depan.

Sedangkan seni Rupa tiga dimensi -merupakan karya seni yang memiliki tiga ukuran, yaitu panjang, lebar dan tinggi/volume. Berbeda dengan seni rupa dua dimensi, seni rupa tiga dimensi mampu diminati dari berbagai arah.

3.Bahan karya seni rupa adalah material pakai yang dapat habis ketika digunakan untuk menciptakan karya seni. Ada yang berfungsi sebagai bahan utama atau disebut medium, ada juga bahan yang menunjang.

Contohnya, karya seni lukis dibuat menggunakan kanvas dan cat sebagai bahan utama, kemudian kayu dan paku sebagai bahan penunjang. Kayu digunakan sebagai bahan bingkai pembentang kanvas dan biasa disebut dengan spanram (stretch board).

4. Kriya adalah sebuah kegiatan yang berkaitan dengan suatu kerajinan tangan manusia yang berfungsi / bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari.

5. Teknik tekniknya :

a. Teknik Plakat

b. Teknik Transparan

c. Teknik Kolase

d. Teknik 3 M (Merekat, Menggunting, Menempel)

e. Teknik Linear

f. Teknik Blok

g. Teknik Arsir

h. Teknik Dussel

i. Teknik Pointilis

j. Teknik Aquarel

k. Teknik Mozaik

l. Teknik Menganyam

6. Simbol pada objek

Patung pahlawan atau orang yang berjasa, dibuatnya patung tersebut dapat ditujukan untuk menghormatinya. Lalu patung tersebut dapat memiliki simbol kekuatan, kepahlawanan, dan perjuangan.

Contoh simbol dalam karya seni rupa 3 dimensi di Indonesia.

1. Tugu Proklamasi di Jakarta merupakan simbol dari perjuangan rakyat dan kemerdekaan Indonesia.

2. Tugu Khatulistiwa di Pontianak Kalimantan Barat untuk menandai tempat yang dilewati garis khatulistiwa

3. Tugu Jogja yang menyimbolkan persatuan antara pemimpin dan rakyat dalam perjuangannya melawan musuh dan juga menyimbolkan persatuan untuk membentuk pemerintahan dalam suatu negara.

7. pengertian seni lukis adalah hasil karya yang mengekspresikan pengalaman artistik seorang seniman melalui perantara bidang dua dimensi.

8. Bahan Karya Seni Rupa 3 Dimensi

1. Bahan lunak : Kertas, karton, styrofoam.

2. Bahan liat : Tanah liat, gips, lilin, plastisin.

3. Bahan keras : Kayu, batu, logam.

Alat yang dibutuhkan, sebagai berikut :

- Alat acuan berbentuk cetakan alat ini dipakai apabila kita membuat karya seni 3 dimensi dengan teknik cor

- kayu

- kawat

- alat pahat

- Gunting,

- Pisau,

- Silet,

- Amplas,

- Bor, dan lain lain.

9. Tema yaitu ide atau gagasan seorang seniman dalam berkarya seni rupa tiga dimensi. Jadi tema dapat berupa tema alam, tema tokoh politik, tema agama, tema sejarah, tema kemiskinan, tema harapan, tema perasaan, dan lain sebagainya. Sedangkan fungsi karya seni rupa tiga dimensi bagi seniman atau perupa yaitu media berekspresi, baik itu nalar maupun perasaan, fungsi karya seni rupa tiga dimensi bagi masyarakat yaitu untuk dilihat keindahan serta dinilai maksud penciptaannya oleh sang seniman/perupa.

Contohnya karya seni rupa tiga dimensi adalah patung. Mari kita ambil contoh patung Jenderal Sudirman, tema karyanya adalah pahlawan, sedangkan fungsi patung tersebut untuk dilihat kehebatan pembuatannya serta dikenang sebagai orang yang berjasa di tanah air.

10. Seni interior adalah suatu karya yang dibuat oleh manusia yang di dalamnya terdapat unsur-unsur estetika atau keindahan pada ruangan interior. Seni dapat dinilai dari intisari ekspresi dan kreativitas yang ada pada karya ciptaan manusia.

Seni eksterior adalah seni yang berhubungan dengan penampakan luar sebuah bangunan.

semoga membantu dan maaf bila salah

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years