1. Gerak maju dengan melangkah tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah disebut….A. lariB. jalan cepatC. atletikD. sprint2. Berikut ini yang bukan merupakan tahapan-tahapan yang digunakan pada jalan cepat, yaitu fase….A. refleksiB. tarikanC. tumpuan dua kakiD. melayang3. Berikut ini bukan merupakan hal-hal yang harus diperhatikan dalam jalan cepat, yaitu….A. gerakan telapak tanganB. posisi kepalaC. kaki waktu melangkahD. gerakan lengan dan bahu4. Berikut yang bukan merupakan teknik-teknik gerakan kaki pada waktu jalan cepat adalah….A. Melangkah satu kaki kedepanB. Melakukan tarikan kaki belakang ke depanC. Melangkahkan kaki kedepan ketika akan melakukan tarikan kaki kebelakangD. Mempercepat laju jalan kaki dengan dorongan tenaga penuh3. Teknik yang harus dikuasai oleh seorang atlet jalan cepat adalah koordinasi kerja dari…A. KepalaB. Kaki dan ayunan tanganC. Bahu dan lenganD. Pinggul6. Berikut yang tidak termasuk tahapan-tahapan teknik lompat tinggi adalah…A. AwalanB. TumpuanC. Melewati mistarD. Menjaga keseimbangan7. Posisi badan yang membuat pelari semakin cepat yaitu ...A. MerundukB. TegakC. MembungkukD. Condong ke depan8. Letakkan tangan lebih lebar sedikit dari lebar bahu, jari-jari dan ibu jari membentuk huruf V terbalik. Panduan tersebut adalah start jongkok aba-aba ...A. Persiapan awalB. SiapC. BersediaD. Ya9. Berikut ini yang termasuk dari beberapa cabang olahraga Atletik antara lain ...A. renang, lari, dayungB. lompat, lari, dayung dan tolak peluruC. mendaki, lari, dan loncatD. lompat, lari,jalan,dan lempar10. Berikut ini yang tidak termasuk cabang atletik nomor lompat yaitu ….A. Lompat harimauB. Lompat jauhC. Lompat galahD. Lompat tinggi SOAL ESSAY1.Sebutkan cabang lomba atletik lompat!2. Jelaskan perbedaan lari dan berjalan!3. Sebutkan teknik dasar lompat jauh!4. Jelaskan perbedaan lompat jauh dan lompat tinggi!5. Sebutkan 3 macam bentuk dalam melakukan start lari!​

Jawaban 1

Berikut ini adalah jawaban dari 10 soal pilihan ganda dan 5 soal isian di atas:

Pilihan Ganda

  1. B. Jalan cepat
  2. A. Refleksi
  3. A. Gerakan telapak tangan
  4. C. Melangkahkan kaki ke depan ketika akan melakukan tarikan kaki ke belakang
  5. B. Kaki dan ayunan tangan
  6. D. Menjaga keseimbangan
  7. D. Condong ke depan
  8. C. Bersedia
  9. D. Lompat, lari, jalan, dan lempar
  10. A. Lompat harimau

Isian

  1. Cabang lomba atletik lompat antara lain: Lompat Jauh, Lompat Tinggi, dan Lompat Galah
  2. Perbedaan lari dan jalan adalah pada saat berlari ada kalanya seluruh telapak kaki melayang di atas permukaan tanah, sedangkan pada saat berjalan semua telapak kaki menumpu di atas permukaan tanah.
  3. Dalam melakukan lompat jauh, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai antara lain: Teknik Awalan, Teknik Tumpuan/Tolakan, Teknik Melayang, dan Teknik Mendarat.
  4. Perbedaan lompat jauh dan lompat tinggi adalah alat yang digunakan dan arah kemana tujuan lompatannya. Lompat jauh berusaha melakukan lompatan jauh ke depan dengan akhiran berdiri/jongkok dan tanpa menggunakan alat karena hanya balok tumpuan dan bak pasir, sedangkan lompat tinggi dilakukan dengan berusaha untuk melakukan lompatan tinggi ke atas melewati mistar pembatas dan jatuh dengan merebahkan tubuh di atas matras.
  5. Dalam lomba lari, ada 3 macam start yang dapat dilakukan yaitu: Start Jongkok, Start Melayang, dan Start Berdiri.

Penjelasan:

Berikut di bawah ini adalah penjelasan jawaban dari 10 soal pilihan ganda materi atletik di atas:

  • No. 1 jawaban ada pada opsi B karena ada kata kunci melangkahkan kaki tanpa hubungan terputus dengan tanah. Opsi A bukan jawaban yang tepat karena dalam lari ada kalanya tubuh melayang dari tanah. Opsi C bukan jawaban yang tepat karena atletik merupakan cabang olahraga bukan gerakannya. Opsi D bukan jawaban yang tepat karena istilah lain dari lari dengan cepat.
  • No. 2 jawaban ada pada opsi A karena yang benar adalah Relaksasi. Opsi B merupakan tahapan dalam jalan cepat begitu juga opsi C dan D termasuk salah satunya.
  • No. 3 jawaban ada pada opsi A karena telapak tangan tidak ada pengaruhnya dalam kecepatan lari. Opsi B harus tegak saat jalan cepat, opsi C harus diperhatikan begitu juga opsi D yang sangat berkesinambungan.
  • No. 4 jawaban ada pada opsi C karena gerakan tarikan kaki tidak mungkin dilakukan ke belakang. Opsi A termasuk langkah-langkah dalam melakukan fase di jalan cepat, begitu juga opsi jawaban B dan D termasuk fase yang berpengaruh pada jalan cepat.
  • No. 5 jawaban ada pada opsi B karena guna kaki untuk melangkah dan ayunan untuk keseimbangan gerakan. Opsi A tidak ada pengaruh dalam koordinasi gerakan begitu juga opsi B dan D karena tidak ada anggota tubuh lain yang menyeimbangkan.
  • No. 6 jawaban ada pada opsi D karena saat lompat tinggi tidak ada gerakan untuk menjaga keseimbangan. Opsi A, B, dan C merupakan tahapan yang ada pada saat melakukan gerakan lompat tinggi.
  • No. 7 jawaban ada pada opsi D karena dengan agak condong ke depan maka titik berat badan akan berpindah ke depan sehingga tubuh lebih mudah untuk melakukan gerakan lari ke depan. Opsi A bukan jawaban yang tepat karena titik berat tubuh tidak berpindah ke depan, begitu juga opsi B. Opsi C terlalu pindah ke depan dikhawatirkan akan merusak keseimbangan dan mudah jatuh.
  • No. 8 jawaban ada pada opsi C karena pada saat itu gerakan sesuai dengan soal. Opsi A tidak ada dalam tahapan start, opsi B harus menaikkan tumit, opsi D sudah mulai lari.
  • No. 9 jawaban ada pada opsi D karena memang itulah cabang olahraga atletik. Opsi A, B, dan C bukan jawaban yang tepat karena ada yang bercampur dengan cabang olahraga akuatik dan permainan.
  • No. 10 jawaban ada pada opsi A karena gerakan tersebut termasuk senam lantai. Opsi B, C, dan D merupakan cabang nomor atletik.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang nomor-nomor perlombaan atletik https://brainly.co.id/tugas/33203046

Materi tentang fase gerakan dalam jalan cepat https://brainly.co.id/tugas/33501770  

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 3 - Permainan dan Olahraga Atletik

Kode: 8.22.3

#JadiRankingSatu

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years