Untuk mengetahui kebutuhan masyarakat, berikut adalah beberapa alasan dari digunakannya langkah-langkah sebagai berikut oleh wirausaha:
- Terjun langsung dan mengamati: kegiatan observasi secara langsung adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan oleh wirausaha untuk bisa mengetahui kebutuhan masyarakat karena dengan hal ini wirausaha bisa mengetahui komoditas yang memiliki tingkat permintaan tinggi.
- Berbicara langsung: metode wawancara juga sering digunakan di mana wirausaha bisa berbicara langsung kepada masyarakat dan menanyakan produk apa yang menarik perhatian mereka.
- Mengikuti tren: setiap masa akan memiliki tren yang berbeda-beda di mana ada satu komoditas barang yang mengalami peningkatan permintaan secara signifikan. Wirausaha bisa melihat tren yang sedang berlangsung dan juga bisa meramalkan tren masa depan dengan cara melihat berita atau tren yang ada di negara lain.
- Mengetahui selera masyarakat: hal ini bisa didapatkan dengan melakukan observasi dan juga wawancara. Dengan mengetahui selera masyarakat, wirausaha bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Pembahasan
Analisa pasar adalah salah satu hal utama yang harus dilakukan oleh wirausaha, baik dalam perencanaan usaha ataupun ketika sedang menjalankan suatu usaha. Secara garis besar, tujuan utama dari analisa pasar adalah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pasar sehingga wirausaha bisa menciptakan barang yang sesuai dengan kebutuhan yang ada pada pasar.
Pelajari lebih lanjut
Materi tentang tujuan riset pasar https://brainly.co.id/tugas/4558094
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1