Manakah di bawah ini yang tidak berasosiasi dengan batas lempeng konvergen? A Gempabumi dalam Lembah retakan (rift valleys) Busur Kepulauan Palung laut dalam Gunungapi​

Jawaban 1

Yang tidak berasosiasi dengan batas lempeng konvergen adalah A. Gempabumi dalam Lembah retakan (rift valleys). Lempeng tektonik dan kerak bumi selalu mengalami perubahan atau pergerakan yang diakibatkan oleh tenaga endogen, selain itu pergerakan ini juga dipengaruhi oleh kerak bumi yang mengapung di atas lapisan inti bumi yang cenderung cair. Pergerakan lempeng tektonik ini pada umumnya cenderung bergerak secara lambat, Indonesia sendiri terdiri dari Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik yang merupakan tiga lempeng tektonik.

Pembahasan

Gerak Konvergen merupakan pergerakan lempeng tektonik yang memiliki ciri berupa pergerakan dua lempeng yang saling mendekat, pergerakan ini kemudian menimbulkan peristiwa lempeng yang saling tindih atau tumbukan. Gerakan ini juga dapat menimbulkan peristiwa penunjaman, yaitu pertemuan antara lempeng samudera dan lempeng benua.

  • Lempeng samudera akan langsung masuk menuju ke bawah lempeng benua, hal ini diakibatkan oleh berat jenis yang dimiliki lempeng samudera lebih berat jika dibandingkan dengan lempeng benua.
  • Terdapat beberapa contoh hasil dari gerak konvergen, seperti Palung Jawa dan Pegunungan Himalaya.
Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut teori tentang Gerak Konvergen pada https://brainly.co.id/tugas/4190368

#Belajarbersamabrainly#SPJ1

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years