Menurut saya, alasan mengapa startup tidak mampu bertahan atau tidak berhasil secara garis besar dipengaruhi oleh perencanaan bisnis yang kurang matang.
Pembahasan
Startup adalah istilah yang dipakai untuk merujuk pada perusahaan yang baru berkembang. Ukuran perusahaan startup biasanya kecil, sementara pengoperasiannya serta pendanaannya awalnya dilakukan oleh para pendirinya atau bahkan bisa saja satu individu. Pendanaan startup dapat diperoleh dari bank atau satuan kredit, dari dana dari organisasi non profit, dari pinjaman bisnis kecil tradisional, dari pinjaman yang disponsori pemerintah, dan pemerintah pusat. Selain itu, pendanaan juga bahkan dapat diperoleh dari teman atau keluarga. Intinya, siapa saja yang memiliki jumlah materi yang dibutuhkan bisa mendanai sebuah startup.
Sebagai sebuah perusahaan, yang tergolong ke dalam startup adalah perusahaan yang belum lama dirintis. Perusahaan ini masih pada fase pengembangan serta penelitian untuk menyempurnakan produknya dan menyeseuaikan pasar yang disasar. Kini, istilah perusahaan startup biasanya mengacu pada perusahaan-perusahaan dengan layanan atau produk yang berbasis teknologi. Dengan begitu, wajah bisnis dan teknologi masa kiri diyakini dapat diubah oleh startup. Meskipun kisah mengenai startup yang sukses sangatlah menginspirasi, ternyata tidak sedikit juga loh startup yang terpaksa gulung tikar karena gagal.
Berbagai Penyebab Startup Gagal
Jika kamu sewaktu-waktu ingin merintis perusahaan, ada berbagai hal yang menyebabkan kegagalan startup dan perlu diwaspadai. Berikut adalah faktor-faktornya.
- Perencanaan yang Kurang Jelas
Banyak orang berpikir bahwa ide orisinil dalam bisnis adalah faktor penentu keberhasilan usaha kita. Namun, tanpa rencana yang konkret dan matang ide brilian pun bisa saja tidak terwujudkan dengan baik. Perencanaan matang dapat membantu mengarahkan perusahaan ke jalan yang pasti. Sebuah startup perlu memikirkan model bisnisnya secara tepat dan terperinci beserta esensi dari bisnis yang dibangun. Riset tentang konsep, branding, target pasar, kebutuhan pasar, dan semacamnya juga sangat perlu dipersiapkan.
Ada beberapa masalah yang dapat kita temukan seputar pasar ketika menjalani suatu bisnis. Beberapa masalah tersebut di antaranya adalah
- Penentuan pasar yang salah → Salah satu alasan utama kegagalan startup ada pada pemilihan pasarnya. Baik itu terlalu besar, terlalu kecil atau bahkan tidak ada pasar yang sesuai dengan produk perusahaan kita.
- Kesalahan menentukan harga pasar → Mungkin kita telah menemukan pasar yang cocok dan tepat untuk menawarkan produk kita. Namun, tidak sedikit perusahaan start-up yang salah mengidentifikasi detil-detil informasi pasar dengan baik sehingga menetapkan harga produk terlalu tinggi atau terlalu rendah, salah menghitung pajak, dan lainnya.
- Tidak mengetahui kebutuhan pasar → Menjadi seorang pebisnis tentunya menuntut kita untuk kreatif, inovatif, dan penuh ide bisnis. Namun, kita juga perlu berhati-hati sebab salah satu kesalahan dalam bisnis adalah tidak menyadari bahwa pasar belum membutuhkan produk yang ingin kita rilis.
- Kurangnya strategi pemasaran → Ternyata kita sudah memiliki ide bisnis dan pasar yang sesuai. Akan tetapi, perencanaan matang tersebut tetap saja bisa gagal bila kita tidak merumuskan strategi pemasaran yang unik dan menarik. Bila tidak ada strategi, kemungkinan besar bisnis kita akan gagal bersaing dengan perusahaan sejenis lainnya.
- Kurang Pemasukan sehingga Kurang Pendanaan
Untuk mewujudkan ide bisnis kita tentunya kita membutuhkan modal yang tidak sedikit. Proses produksi barang juga memerlukan pendanaan. Sumber utama pendanaan datang dari pemasukan kita. Bila tidak ada dana, produksi tidak bisa dilakukan. Inilah yang membuat perusahaan startup tanpa investor yang menjanjikan sering kali gagal.
Pelajari lebih lanjut
- Faktor penghambat bisnis → https://brainly.co.id/tugas/31846067
- Fungsi rencana bisnis → https://brainly.co.id/tugas/6101244
- Faktor yang memengaruhi bisnis → https://brainly.co.id/tugas/31969299
Detail jawaban
Kelas: 10
Mapel: Ekonomi
Bab: Bab 2 - Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi
Kode: 10.12.2
#JadiRankingSatu