Dalam siklus pendek, penguapan air laut menyebabkan hujan turun di

Jawaban 1

Penguapan air laut yang terjadi dalam siklus pendek akhirnya menyebabkan hujan untuk turun di badan-badan air yang berukuran besar (luas). Badan-badan air tersebut pada umumnya merupakan laut, namun juga bisa berupa danau yang luas.

Pembahasan

Siklus air adalah tahapan yang dilalui oleh air yang ada pada permukaan Bumi. Tahapan tersebut berupa penguapan dari permukaan Bumi ke atmosfer dan turun kembali ke permukaan Bumi. Siklus air juga dapat disebut dengan siklus hidrologi.

Berdasarkan proses yang dilalui, siklus air dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Siklus pendek. Dalam siklus pendek, air dari permukaan laut, danau, dan badan air besar lainnya menguap oleh panas matahari. Uap air tersebut kemudian mengalami kondensasi di atmosfer dan berkumpul menjadi awan. Setelah itu, air tersebut dapat turun kembali ke permukaan badan air dalam bentuk hujan.
  • Siklus sedang. Dalam siklus sedang, prosesnya sebagian besar sama dengan siklus pendek. Bedanya, awan yang terbentuk oleh kondensasi dapat digerakkan oleh angin menuju tempat lain, sehingga mengakibatkan hujan di darat.
  • Siklus panjang. Dalam siklus panjang, awan yang dihasilkan oleh proses kondensasi bergerak ke tempat bersuhu dingin, sehingga dapat mengakibatkan turunnya hujan salju dan hujan es di tempat-tempat bersuhu dingin. Salju dan es tersebut dapat kemudian meleleh dan mengalir ke arah badan air besar sebelum akhirnya menguap kembali.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang siklus air https://brainly.co.id/tugas/1720802

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years