pada awal terbentukny planet bumi bagian luar bersifat cair. pendinginan menyebabkan bagian luarnya mengeras membentuk kerak bumi. pendinginan bagian luar bumi disebabkan oleh​

Jawaban 1

Jawaban:

Pendinginan di bumi disinyalir disebabkan oleh letusan sejumlah gunung berapi di masa purba yang mengakibatkan penurunan suhu di bumi. Letusan gunung berapi menyebarkan partikel ke atmosfer, yang memantulkan energi panas dari sinar matahari, dan menjauh dari permukaan. Hal itu kemudian membuat energi panas sinar matahari tidak sampai permukaan bumi dan mengakibatkan pendinginan global.

Dugaan lainnya adalah disebabkan jatuhnya meteorit juga di zaman purba. Namun kini dugaan tersebut dianggap kurang beralasan setelah para ilmuwan menemukan kemungkinan penyebabnya adalah akibat letusan gunung berapi purba.

Penjelasan:

Para peneliti mengungkap perubahan iklim berupa pendinginan global yang ekstrim juga menjadi penyebab kepunahan tiga kerabat spesies Homo sapiens atau manusia, yaitu Homo neanderthal, Homo erectus, dan Homo heidelbergensis.

Dari enam spesies dalam genus Homo yang pernah hidup di Bumi, manusia menjadi satu-satunya spesies genus Homo yang mampu bertahan hidup hingga kini.

Materi pembahasan tentang lapisan kulit bumi yang terdiri dari batuan beku dapat disimak pada link berikut: https://brainly.co.id/tugas/22580165

#BelajarBersamaBrainly

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years