2. Berdasarkan kasus di atas, gambarkan kurva permintaan agregat komoditas kopi, dan apa faktor-faktor yang menyebabkan kurva permintaan agregat bisa bergeser ke kanan atau ke kiri?

Jawaban 1

Jawaban:

Faktor-faktor yang menyebabkan pergeseran kurva permintaan agregat adalah :

1. pendapatan masyarakat

2. intensitas kebutuhan  

3. perubahan harga barang lain yang berhubungan

4. selera

5. jumlah penduduk

Penjelasan

1. Pendapatan masyarakat sangat berpengaruh pada permintaan akan barang dan jasa, jika pendapatan masyarakat tinggi maka konsumsi akan barang dan jasa juga ikut meningkat, dan hal ini akan mempengaruhi pergeseran kurva permintaan.

2. Intensitas kebutuhan seperti kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan tersier sangat mempengaruhi kurva permintaan, karena masing-masing kebutuhan orang berbeda-beda.

3. Perubahan harga barang lain yang berhubungan  mempengaruhi pergeseran kurva permintaan.

4. Selera konsumen sangat mempengaruhi kurva permintaan.

5. Jumlah penduduk yang banyak akan berpengaruh jumlah permintaan, oleh sebab itu jumlah penduduk mempengaruhi kurva permintaan.

Kurva penawaran menunjukkan hubungan antara harga suatu produk dengan kuantitas yang ditawarkan (kuantitas yang bersedia diproduksi/dijual).  Kurva penawaran ber-slope positif, yaitu jika harga naik maka kuantitas penawaran akan bertambah, dan sebaliknya. Kurva permintaan menunjukkan hubungan antara harga suatu produk dengan kuantitas yang diminta.  Permintaan ber-slope negatif terhadap harga (hukum permintaan).  Dengan kata lain, ketika harga naik permintaan akan turun, dan ketika harga turun permintaan akan naik.

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years