Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan struktur tanah diantaraanya : * 10 poin tanaman, waktu, udara bahan induk, iklim, dan organisme tanah organisme tanah air iklim, bahan organik dan air ni​

  • ekonomika

    Bidang studi:

    Ekonomi
  • Penulis:

    hana
  • Dibuat:

    1 tahun lalu

Jawaban 1

Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan struktur tanah diantaranya

  • Bahan induk
  • Bahan organik tanah
  • Tanaman
  • Organisme tanah
  • Waktu
  • Iklim

Pembahasan

Faktor pembentukan tanah dimulai dari bahan induk yang kemudian berlanjut untuk jangka waktu yang sangat lama yang memakan waktu 1000 tahun atau bahkan lebih. Faktor pembentukan tanah terjadi pada saat bahan induk telah mengalami pelapukan atau diangkut, diendapkan sehingga bahan tersebut diubah menjadi tanah. Material induk dapat berupa batuan dasar, endapan glasial, dan endapan lepas di bawah air atau material yang bergerak menuruni tanah miring.

Tanah merupakan media tumbuh tanaman. Secara geologis tanah dapat disebut bagian dari bumi yang terluar yang memiliki ketebalan lapisan yang relatif tipis. Tanah berasal dari hasil pelapukan batuan, dimana dalam proses pembentukannya sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan, seperti bahan induk, iklim, topografi, vegetasi, atau organisme, dan waktu.

Dalam proses pembentukan tanah, faktor-faktor tersebut akan bekerja secara dinamis dan simultan yang melalui proses fisika, kimia, biologis, maupun proses ketiga-tiganya bekerja secara bersamaan serta saling berinteraksi. Proses pembentukan tanah akan berjalan terus menerus dan saling mempengaruhi dan di dominasi dari masing-masing faktor pembentukan tanah.

Kesuburan tanah yaitu kemampuan tanah dalam menyediakan hara bagi tanaman. Kesuburan tanah merupakan suatu nilai kualitas dari kemampuan tanah untuk menyediakan zat hara bagi pertumbuhan tanaman dalam jumlah yang memadai dan juga seimbang. Tingkat kesuburan tanah akan mempengaruhi produksi dan hasil tanaman.

Pelajari lebih lanjut :

Faktor-faktor pembentukan tanah

https://brainly.co.id/tugas/25206721

Penjelasan faktor pembentuk tanah

https://brainly.co.id/tugas/28360864

Detil Jawaban

Kelas         : X

Mapel        : Geografi

Bab            : Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

Kode          : 10.8.4

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years