jelaskan fungsi dari organel sel berikut:a.Ribosomb.Lisosomc.mitokondria​

Jawaban 1

Jawaban:

A.Ribosom

Organ sel yang padat dan kecil berdiameter 2o n, yang terdiri atas 65% RNA ribosom (penyusun utama ribosom) dan 35% protein ribosom (RNP). Di dalam sel ribosom terikat pada retikulum endoplasma kasar (REk), atau membrane inti sel. Fungsi ribosom yakni tempat berlangsungnya sintesis protein.

B. Lisosom

Organel yang berupa kantong terikat di membran yang berisi kandungan enzim hidrolitik yang dipakai dalam mengontrol pencernaan intraseluler dalam keadaan apapun, dan fungsi lisosom adalah sebagai pemasukan makromulekul dari luar menuju ke dalam sel dengan mekanisme endositosis, mencerna materi dengan memakai fagositosis, mengontrol pencernaan intraseluler, dan penghancuran organsel yang rusak (autofagi).

C. Mitokondria

Organel terbesar yang merupakan mesin dalam sel, bentuknya mirip cerutu atau rokok yang memiliki 2 lapis membran yang lekuk-lekuk dan dinamakan kritas. Oksigen dan gulkosa berkombinasi dalam membentuk energy (ATP) yang dibutuhkan untuk metabolisme dalam organel, motokondria dalam bentu tunggalnya disebut mitokondrion. Memiliki fungsi menghasilkan energi dalam bentuk ATP dan respirasi seluler.

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years