Jawaban:
Perubahan atau revolusi konsep pemasaran terbagi menjadi:
Era Produksi
Awal tahun 1900-an, Eropa pertamakali memulai perjuangannya dalam bertahan hidup di Amerika dengan filosofi umum bisnisnya "produksilah sebanyak mungkin, karena ada dasar pasar yang tidak terbatas". Tentunya filosofi ini pada waktu itu sangat logis, hal ini didasari oleh banyaknya permintaan untuk produk pada jaman itu, dan jelas ini menguntungkan. Pada jaman itu para pengusaha kebanyakan dari kalangan petani, tukang kayu, dan pekerja dagang.
Era penjualan
Bisnis pada tahun 1920-an berkembang dengan menggunakan teknik produksi massal. Bahkan kapasitas produksi pun seringkali melebihi permintaan pasar. Maka filosofi bisnis yang disebutkan pada era produksi bergeser menjadi penekanan terhadap penjualan. Perusahaan juga banyak mendorong kegiatan penjualan dan periklanan untuk menarik pelanggan, pada era ini kegiatan pemasaran penjualan personal dan periklanan lah yang diutamakan.
Era konsep pemasaran
Pasca perang dunia kedua yang berakhir tahun 1945, permintaan produk dan jasa mengalami perpindahan, para prajurit memulai karier baru mereka dan memulai memperbaiki kondisi keluarganya. Pasca perang inilah yang sering disebut the baby boom, dimana angka kelahiran meningkat dan mereka juga mempunyai kemampuan dalam membelanjakan uangnya.
Menurut Nickels et
al., 2005, era konsep pemasaran ini memiliki tiga bagian, yaitu:
- Orientasi pelanggan
- Orientasi pelayanan
- Orientasi keuntungan
Era relasi pelanggan
Pada era ini, khusushnya tahun 1990 manajer memperluas konsep pemasaran dengan mengadopsi konsep pengelolaan hubungan pelanggan. Hal ini merupakan sebuah proses pembelajaran tentang penlanggan, dimana prioritasnya yaitu untuk memuaskan pelanggan. Kepuasan pelanggan inilah yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Di era ini perusahaan dituntut untuk membuka komunikasi dengan pelanggan, baik itu melalui website, telepon, email, fax, maupun kontak personal layanan pelanggan.
Penjelasan
Konsep pemasaran yaitu sebuah filosofi yang dimana akan mendorong sebuah perusahaan untuk mengembangkan produk atau layanan berdasarkan kebutuhan dan preferensi pasar.
Selengkapnya tentang konsep pemasaran di https://brainly.co.id/tugas/8115146
#BelajarBersamaBrainly