Jawaban:
Sebuah bentuk dasar dari objek grafis yang dapat dibentuk adalah primitif grafis atau objek primitif.
Penjelasan:
1. Pengertian Primitif Grafis
Primitif grafis atau objek primitif adalah sebuah bentuk dasar dari objek grafis yang dapat dibentuk. Primitif grafis memudahkan dalam menggambar pada layar monitor sebagai penggunaan persamaan geometris sederhana. Titik dan garis merupakan primitif grafis atau objek grafis yang dapat digunakan untuk membentuk gambar seperti lingkaran, kerucut, permukaan berbentuk persegi, kurva, warna area, karakter dan lain-lain.
2. Penggambaran Titik dan Garis
Titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak memiliki dimensi. Umumnya titik berbentuk bundaran sederhana, mampat, tidak bersudut, dan tanpa arah. Titik biasanya ditampilkan dalam bentuk kelompok, dengan variasi jumlah, susunan, dan kepadatan tertentu. Titik dapat membentuk wujud apabila didukung dengan gerak, sinar, dan warna.
Membuat sebuah titik dilakukan dengan mengkonversi suatu posisi titik koordinat dengan program aplikasi ke dalam suatu operasi tertentu menggunakan output. Random-scan (vektor) system akan menyimpan instruksi pembentuk titik pada display list dan nilai koordinat kemudian akan menentukan posisi pancaran electron ke arah lapisan fosfor pada layer. Garis dapat dibuat dengan menentukan posisi titik di antara titik awal dan akhir dari suatu garis.
Algoritma Penggambaran Garis
Persamaan garis menurut koordinat Cartesian adalah:
y = m.x+b
m adalah kemiringan (slope) dari garis yang dibentuk oleh dua titik yaitu (x1, y1) dan (x2, y2).
Untuk penambahan x sepanjang garis yaitu dx akan mendapatkan penambahan y sebesar:
Δy = m. Δx.
Algoritma Garis DDA (Digital Differential Analyzer)
Digital Differential Analyzer adalah suatu algoritma pembentukan garis berdasarkan perhitungan Δx dan Δy, dengan menggunakan rumus y = m. Δx.
Garis dibuat dengan menentukan dua endpoint, yaitu titik awal dan titik akhir. Pada setiap koordinat titik yang membentuk garis akan diperoleh dari perhitungan, kemudian akan dikonversikan menjadi nilai integer. Langkah-langkah dalam membentuk garis menurut algoritma DDA, yaitu :
- Tentukan dua buah titik yang ingin dihubungkan.
- Tentukan salah satu titik yang digunakan sebagai titik awal (x0, y0) dan sebagai titik akhir (x1, y1).
- Hitunglah Δx = x1 – x0 dan Δ y = y1 – y0.
- Tentukan jarak maksimum jumlah penambahan (step) dari nilai x dan nilai y dengan cara
- bila nilai |Δy| > |Δx| maka step = nilai |Δy|.
- bila tidak maka step = |Δx|.
- Hitunglah penambahan dari koordinat pixel x_increment = Δx / step dan y_increment = Δy / step.
- Koordinat selanjutnya (x+x_incerement, y+y_increment).
- Posisi pixel pada layer akan ditentukan dengan pembulatan nilai koordinasi tersebut.
- Ulangi langkah 6 dan 7 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x = x1 dan y = y1.
Algoritma Garis Bressenhem
Algoritma garis Bressenhem atau midpoint line algorithm adalah algoritma konversi penambahan nilai integer yang juga dapat diadaptasi untuk menggambar sebuah lingkaran. Pada algoritma garis, Bressenham mengembangkan algoritma klasik dengan lebih menarik. Bressenham hanya menggunakan perhitungan matematika dengan bilangan integer, maka tidak perlu membulatkan nilai posisi setiap pixel setiap waktu.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk membentuk garis menurut algoritma Bressenham adalah :
- Tentukan dua titik yang akan dihubungkan untuk membentuk sebuah garis.
- Tetukan salah satu titik disebelah kiri sebagai titik awal (x0, y0) dan titik lainnya sebagai titik akhir (x1, y1).
- Hitunglah Δx, Δy, Δ2x, dan 2Δy – 2Δx.
- Hitunglah parameter dari p0 = 2Δy – Δx.
- Untuk setiap xk sepanjang jalur garis, dimulai dengan k = 0.
- bila pk <0 maka titik selanjutnya (xk+1, yk) dan pk+1 = pk +2Δy.
- bila tidak maka titik selanjutnya adalah (xk+1, yk+1)
- dan pk+1=pk+2Δ-y2Δx.
- Ulangi langkah nomor 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya, sampai x=xn.
Pelajari lebih lanjut:
- Pelajari lebih lanjut tentang materi data deskriptif dalam primitif geometri pada https://brainly.co.id/tugas/27205586
- Pelajari lebih lanjut tentang materi membuat garis menggunakan algoritma DDA dan algoritma Bressemhem pada https://brainly.co.id/tugas/45945643
#BelajarBersamaBrainly