Mari BertatikMaca dan cermatilah teks laporan hasil observasi berikut!Lingkungan SekolahSP Cempaka Dua Jakarta yang berlokasi di Jalan Angger nomor 23. Jakarta Selatan iniakan salah satu sekolah yang memiliki lingkungan bersih dan sehat. Lingkungan sekolahdiri dari dua jenis komponen, yaitu komponen benda hidup yang disebut juga biotik danoponen benda mati yang disebut juga dengan abiotikKomponen benda hidup di SMP Cempaka Dus meliputi tanaman-tanaman hias dan pohonpohon besar yang terawat dengan baik. Pohon-pohon besar tersebut berfungsi untuk menaungigagan sekolah sehingga sekolah menjadi teduh dan sejuk. Adapun komponen mati atau bendaterdiri dari gedung dan peralatan sekolahKomponen benda hidup di SMP Cempaka Dua dimulai dari halaman depan sekolah. Di sanadapat berbagai jenis tanaman hias yang indah dipandang. Kemudian ada juga taman yang dihiasdengan beragam tanaman dan renumputan. Tanaman-tanaman hias tersebut tersebar di berbagaldr lingkungan sekolah, misalnya di depan ruang guru, di depan kelas, dan di ruang kepala sekolahjenis tanaman hias yang terdapat di SMP Cempaka Dua ini beragam, di antaranya bunganugerwalle, bunga mawar, bunga lili, bunga asoka, bunga anggrek, bunga sepatu, bunga alamanda.bunga kemuning, dan bunga amarilis. Semua bunga tersebut dirawat dengan baik dan tertata rapi dihalaman sekolah dan tempat-tempat lainnya di dalam sekolah. Selain tanaman hias, di SMP CempakaDes juga terdapat beberapa jenis pohon besar, di antaranya pohon bambu jepang yang berukurankecil, pohon mangga, pohon beringin, beringin karet, pohon bambu kuning, pohon jeruk, pohoncemara, dan masih banyak lagi. Uniknya lagi, di halaman belakang pekarangan kelas dibuat kebundan ditanami beberapa tanaman, seperti jagung dan singkong. Hasil dan kebun tersebut biasanyadigunakan untuk keperluan penelitian biologi atau dikonsumsi bersama oleh para siswa dan guruKomponen benda mati yang terdapat di SMP Cempaka Dua, antara lain gedung sekolah yangterdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang kelas siswa, ruang tata usaha perpustakaan,UKS, sula, koperasi, kantin, kamar mandi, dan gudang. Sedangkan peralatan yang terdapat disekolah tersebut, antara lain meja kursi para siswa, lemari buku, papan tulis, layar LCD proyektor.globe, alat-alat peraga untuk keperluan pelajaran biologi, dan lain-lain. Selain itu, ada juga peralatanolahraga seperti bola sepak, bola basket beserta ringnya, bola voli, bola tenis, jaring bulu tangkisJaring voll, dan masih banyak lagi. Di bagian lapangan terdapat lapangan olahraga yang dapatdigunakan untuk bermain voli, basket, sepak bola. lapangan upacara, dan lapangan khusus untuktempat parkir kendaraan para siswa dan guru.Demikianlah hasil observasi lingkungan di SMP Cempaka Dua yang terdiri dari komponen benda hidup dan komponen benda mati. Dari hasil observasi yang telah dilakukan, komponen bendahidup terdiri dari tanaman hias dan pohon-pohon. Adapun komponen benda mati terdiri darigedung dan berbagai peralatan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Semua komponentersebut, baik yang terdiri dari benda hidup ataupun benda mati hendaknya dijaga dan dirawatagar lestari dan dapat digunakan dalam waktu lama.1. Temukan topik teks laporan hasil observasi tersebut2. Tentukan gagasan utama setiap paragraf pada teks laporan hasil observasi tersebut dalambentuk tabell3. Identifikasilah kosakata baru dalam teks tersebut, kemudian carilah makna kosakata tersebut dalam kamus! Semester 1Bahasa Indonesia VIII​

Jawaban 1

Penjelasan:

upaya-upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat di awal masa kemerdekaan soal

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years