1. Pembakaran sempurna dan tidak sempurna Pembakaran bensin pada mesin kendaraan bermotor dapat berlangsung sempurna dan tidak sempurna. Jika bensin dianggap tersusun dari senyawa oktana maka pembakaran sempurna bensin akan menghasilkan energi sebesar ΔH = - 5460 kJ, dan jika terjadi pembakaran tidak sempurna, maka energi yang dihasilkan kurang lebih ΔH = - 2924 kJ (Sumber : dsupardi.wordpress.com). Biasanya kendaraan yang berumur tua akan menghasilkan asap yang lebih banyak karena terjadi pembakaran yang tidak sempurna. Polutan yang dihasilkan dari pembakaran BBM memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan. a. Berdasarkan energi yang dihasilkan mengapa pembakaran tidak sempurna menjadikan BBM lebih boros? Buat perbandingan dengan reaksi pembakaran sempurna dan tidak sempurna yang terjadi? b. Perkirakan gas-gas hasil pembakaran tersebut yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan? ​

Jawaban 1

Jawaban:

a. energi yang dihasilkan pada pembakaran tidak sempurna menjadikan BBM lebih boros hal ini dikarenakan terbentuknya emisi yang sangat tinggi pada pembakaran tidak sempurna. Selain itu, mesin juga akan sulit mengatasi knocking (ketukan) yang timbul ketika bensin terbakar dalam mesin. Adanya emisi yang tinggi dan tidak dapat mengatasi masalah knocking pada mesin ini menyebabkan BBM lebih boros dan mesin kendaraan jadi tidak awet.  

Rumus kimia oktana = C₈H₁₈

Reaksi pembakaran sempurna yang terjadi adalah

2 C₈H₁₈ +  25 O₂  ---> 16 CO₂ + 18 H₂O

pembakaran sempurna menghasilkan gas CO₂

Reaksi tidak sempurna yang terjadi adalah

2C₈H₁₈ + 17O₂ → 16CO + 18H₂O

pembakaran tidak sempurna menghasilkan gas CO

b. gas-gas hasil pembakaran tersebut yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan adalah

  • gas karbon dioksida CO₂
  • gas karbon monoksida CO
  • gas nitrogen oksida (NOx)
  • gas belerang dioksida SO₂

Penjelasan:

Bensin

Bahan bakar yang sering kita gunakan merupakan salah satu fraksi minyak bumi. Bensin terdiri dari campuran dua senyawa yaitu n-heptana dan isooktana. Agar mesin kedaraan kita tetap awat dan tidak cepat rusak maka jumlah bilangan oktan pada bensin harus lebih banyak dari pada jumlah heptana. Kualitas bensin yang baik ditentukan dari jumlah ketukan yang dihasilkan dan dinyatakan dengan bilangan oktan.

Pelajari lebih lanjut tentang

  • Dampak negatif gas pembakaran https://brainly.co.id/tugas/17290897#
  • Usaha mengatasi pembakaran bensin https://brainly.co.id/tugas/1132359#

#BelajarBersamaBrainly

answer img

Apakah kamu tahu jawabannya? Tambahkan di sini!

Can't find the answer?

Log in dengan Google

atau

Lupa password kamu?

Saya tidak punya akun, dan saya ingin Daftar

Pilih bahasa dan wilayah
How much to ban the user?
1 hour 1 day 100 years